Search this Blog

Selasa, 12 April 2011

Sup Bandeng Asem Pedas

Kalau ada yang tanya kenapa bandeng yang dibikin sup? Bukannya kerapu atau kakap atau tenggiri?? Jadiiii... ceritanya ini semua kesalahan terletak pada bibi aku.. hadeeehhhh.. *tariknapas* Jadi ceritanya hari ini aku pengen banget bikin ikan tenggiri goreng dimakan pakai Sup Ayam dan Tahu goreng tepung.. Pagi-pagi sudah suruh si bibi kepasar, "Bi... beli ikan tenggiri yah.. jangan yang kebesaran, trus beli ayam, sop-sopan. de el el de el el.." Seperti biasa, bibi bilang "Iya boss. buat makan siang yah??" aku bilang "Iya...". Pas tadi sekitar jam 10an aku kedapur, rencananya mau bumbuin si tenggiri, pas liat ikannya, Lhaahhh kok jadi bandeng yah?? perasaan tadi aku mintanya tenggiri... Tanya sama bibi, katanya bibi ingetnya saya suruh beli bandeng, dan ga tanggung-tanggung beli bandengnya sampai dua ekor... *tepokjidat* Mau gimana lagiii, kalo kata orang bilang mah, nasi udah jadi bubur dan bubur udah jadi gosong... -.-'

Waahhh langsung muter otak deh.. mau dimasak apa yaahh nih bandeng.. kalo di pindang nanti hubby bosen, di goreng jadi pindang presto juga kemarin baru masak itu.. hadeeeehhhhh akhirnya lihat-lihat kulkas rerempahan lengkap, dan ada jeruk lemon segala... Ya wisss laaaahhhhh aku bikin Sup Bandeng ajaaaa.

Yang jadi bingung lagi.. kalo masak Sup Bandeng gini enaknya lauk pendampingnya apa yaa... lihat-lihat kulkas masih ada kangkung dan bahan sop-sopan,,,, ya udiinnn aku dampingi pakai Cah Kangkung n Bakwan sajalaaahhhh... nyambung ga nyambung yang penting masuk perut hehehehe


Jadilah tuh ikan bandeng aku presto pakai jahe, garam, salam, sereh, lengkuas daun jeruk biar ga amis, selagi nunggu si-bandeng dipresto, aku mulai masak kangkung, bakwan dan goreng kerupuk. Setelah semua masakan sudah selasai aku matikan si presto, aku leha-leha bentar sambil nunggu si katup masuk kedalam.

Setelah itu baru ikan dan air hasil presto aku masukkan ke panci, ditambahkan bumbu-bumbu, tunggu mendidih lagi, angkat... Trriiiinnnggg ting ting ting ting... akhirnya si bandeng yang tidak diharapkan kemunculannya didapurku berubah jadi sayur yang segeeerrr banget buat makan siangku....

Yang mau coba aku share resepnya disini ya... siapa tahu ada yang mengalami "kecelakaan" yang sama.. hhohohohoho


Sup Bandeng Asem Pedas

Bahan A:
1500ml air
2ekor ikan bandeng (@600gram-an)
3cm Jahe geprek
2cm Lengkoas geprek
2buah sereh geprek
3lembar daun jeruk
3lembar daun salam
Garam
Gula

Bahan B:
3siung bawang putih cincang halus, kemudian di tumis dengan sedikit minyak.
2cm jahe geprek
2cm lengkoas geprek
8butir cabai rawit
daun bawang
1buah tomat
1buah jeruk lemon (yang banyak airnya)
garam
gula
merica

Cara membuat:
1. Masukkan semua bahan A ke dalam panci presto, masak selama kurang lebih 60menit dengan api kecil, setelah panci berdesis.
2. Masukkan ikan yang sudah dipresto beserta dengan air rebusan ikan kedalam panci, lalu tumis bawang putih, tomat, jahe dan langkoas sampai tomat layu, lalu masukkan kedalam ikan.
3. Lalu beri tumisan tomat, air jeruk lemon, daun bawang dan irisan cabai rawit. Didihkan kembali ikan bandeng.
4. Sup ikan bandeng siap disajikan.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Daisypath Anniversary tickers