RSS

Search this Blog

Memuat...

Senin, 20 Juni 2011

Honolulu Cake.. Cake Pudding

Cooking and Baking is an art hahahaha itu kalau kata aku,, kemarin ini aku ngileerr banget mau bikin cake yang dilapis pudding, udah kebayang segernya itu cake,, tapi karena susu cair yang ada dirumah ga cukup untuk bikin puddingnya akhirnya aku pakai whippedcream, akrena udah melenceng dari pakem, sekalian aja aku ganti ager-agernya pakai nutrijell hahahahaha

Resep aslinya pakai loyang bulat besar yang bongkar pasang, kemarin iseng aku lagi timbul,, ngelit ada cetakan cake kecil pada nganggur langsung aku ambil untuk aku pakai,,,, Putar otak gimana supaya haslnya bagus,,, aku akhirnya pilih resep sponge yang punya "kans" untuk mengkerut lebih banyak,, akhirnya jatuh pada spongecakenya om yongki,, sepanjang manggang mulut komat-kamit, sibuk mikir, kalau kuenya jadinya ga mengkerut enaknya dibikin kaya gimana yah..??? Tapi lagi-lagi keberuntungan pemula selalu berpihak sama aku, pas jadi cakenya mengkerut, jadi masih ada sisa tempat untuk aku taruh si pudding nya.

Sponge yang belum di"baju"in

Kalau disuruh tulis resepnya aku bingung nih.. aku lampirin resep sponge cake om yongki aja yah,, untuk puddingnya aku pakai resep yang ada dibelakang nutrijell nya hohohoho

Sponge Cake Om Yongki

Bahan A:

10 butir Kuning telor
5 butir Putih telor
10 gram Emulsifier
150 gram Gula kastor
100 gram Tepung terigu protein sedang (Kunci Biru)
1 sdm Susu bubuk
1 sdm Tepung maizena

Bahan B:

50 gram Hollman butter
50 gram Room butter
50 gram Margarin
1 sdm Susu kental manis
Pasta (mocca, pandan dll sesuai selera)

Cara Membuat:

1) Kocok telur & gula hingg agak kental, masukkan emulsifier. Kocok hingga kental & mengembang.
2) Masukkan tepung terigu, susu bubuk, maizena dengan cara diayak. Aduk balik dengan spatula.
3) Cairkan butter & margarin (jangan sampai mendidih supaya tidak daya ikatnya tidak rusak), angkat dari api, tambahkan susu kental manis, aduk.
4) Tuang adonan B ke dalam adonan A, aduk balik.
5) Bagi menjadi 2 atau 3 adonan (sesuai jumlah layer / lapis cake yang diinginkan). Tambahkan pasta sesuai selera.
6) Tuang ke dalam loyang ukuran 22 tinggi 3-4 cm (loyang pendek).
7) Panggang selama 18-20 menit di suhu 175 °C hingga bagian atasnya kuning matang dan adonan tidak basah lagi (gunakan tes tusuk gigi).

Kalau udah jadi cakenya, baru dibikin puddingnya, tunggu sampai cairan puddingnya hilang uap panasnya, taruh sedikit dicetakan, lalu taruh sedikit didasar cetakan, lalu taruh spongecakenya, lalu diberi adonan pudding lagi sampai penuh dan spongecake nya tidak terlihat. Ribet?? Dicoba bikin aja dulu yaahhh karena bikinnya ga seribet yang digambarkan hahahahaha

Floss Roll Cake aka Bolu Gulung Abon


Udah lama banget pengen bikin bolu gulung yang seperti ini, penasaran, seperti apa sih rasanya, dulu pernah beli di breadtalk yang di Singapore, aku ga  terlalu cocok sama rasanya abonnya ga kerasa n agak kemanisan,,, yang di Indo sih lom pernah coba, tapi kemarin waktu breadlife muncul aku suka banget tuh roti abon yang di gulung yang dalemnya ada ketimunnnya (walau tetep ketimunnya dibuang hehehe) tapi ini kan bolu beda sama roti,, makanya aku penasaran,,,,

Pas kebetulan ada event bolgulweek akhirnya diniatin deh bikin bolgul ini, kebetulan maish ada abon yang dikasi sama adik aku,, overall bikin bolgul ini sih ga ada kesulitan yang aneh-aneh yah... cuma memang kulit bolgul aku ini kurang coklat, entah kenapa, padahal udah pakai api atas 10 menit, karena aku takut bolgulnya kekeringan n malah patah, jadi aku matiin aja ovennya, dengan agak ngeri-ngeri juga takut ngelotok kulitnya (bolgul kalo kurang kering juga bisa ngelotok) tapi puji tuhan ga patah dan ga ngelotok.


Aku selalu pakai serbet bersih kalau gulung bolgul, meminimalkan ngelotoknya kulit menurut aku, karena kalo serbet kan ga bikin bolgul kita lembab, kalau kertas bikin bolgul kita lembab, kalo uda lembab resiko ngelotoknya bakal lebi banyak,, itu sih menurut aku hehehehe Cuma kemarin karena abon yang aku pakai agak gondrong-gondrong, jadi waktu udah mateng, jadi susah dipotongnya, belum lagi daun bawang n cabai merahnya aku potong serong, maksud hati sih biar bagus, tapi malah jadi tambah susah motong bolgulnya hahahahaha  lain kali kalau bikin aboonya harus di kecil-kecilin dulu m potong daun bawang n cabainya ga usah pakai serong-serongan hehehehehe

Resep ini aku ambil dari pawonomah, jadinya enak, manisnya pass rasanya juga passs


Bahan:

5 btr telur
40 grm gula halus
50 grm terigu
10 grm maizena
10 grm susu bubuk
90 grm margarin cair
1/4 sdt garam
1 sdt SP

Bahan taburan:
Piterseli /daun seledri/daun bawang cincang halus
Wijen
Oregano secukupnya

Bahan olesan:
Mayonaise+saus tomat/sambal
abon
Cara membuat :

1. kocok telur,garam, SP dan gula hingga kental dan mengembang
2. masukkan tepung terigu, maizena dan susu bubuk sambil diayak, aduk rata
3. masukkan margarin cair sedikit demi sedikit, aduk rata
4. tuang adonan kedalam loyang 30x 30cm (atau loyang 30x25cm) yang sudah dioles mentega dan dialasi kertas roti, Taburi dg bahan taburan.Oven dengan suhu 200 derajat menggunakan api atas & bawah selama 10 menit.
5. Keluarkan dari oven & loyang, oles mayo+saus. Gulung. Biarkan dingin & set.
6.JIka ingin dijadikan mini floss roll cake, bagi 2 menjadi 15x30cm (kl pake loyang 30x25 mejadi 15x25cm). Potong masing2 gulung menjadi 6 atau 8 potongan. Jadi bisa didapat 12-16 potong utk floss roll mini.
7. Olesi tiap ujung cake dengan mayo & taburi abon.

Senin, 13 Juni 2011

Kuo Tie

 

Satu lagi camilan, yang bikin kenyang,, aku suka banget makan kuotie ini.. seringnya beli yang didaerah greenvile, harganya lumayan mahaalll, padahal kalau dilihat bahan-bahan aslinya kok murah-murah semua hehehe Mungkin karena pembuatannya yang lumayan syusyah yan bikin kuotie ini jadi agak mahal.

Kulit kuotie ini juga harus dibuat sendiri, kalau aku perhatikan, kok kulit kuotie ini seperti kulit martabak telur yang dijual di abang-abang yah,,, sudah diroll sampai tipis juga tidak mudah sobek. Aku iseng-iseng nyoba "ngelempar-lempar" adonan kaya tukang martabak.. hadeehh ternyata sulitnya tingkat tinggi, udah deh pake rolling pin ajah ^^'

Kulit yang ketebelan

Pertama kali bikin belum tahu kalau kulit kuotie ini biarpun dirolling sampai tipis ga akan sobek, makanya percobaan pertama kulitnya ketebalan, tapi untuk percobaan berikutnya akhirnya erhasil buat yang tipiiiisss, dan berhubung aku n hubby ga suka daun ketumbar aka yansui, jadi kita ga pake de daun itu, diganti kucai n daun bawang aja.

Cobain bikin deehh, selain enak juga murah!! ^.^



Ini resepnya aku ambil dari webnya ci stella:

Ingredients:
Kulit :
2 cup terigu protein sedang
1 cup air panas
3/4 sdt garam

Isi :
200 gr daging cincang
100 gr udang
100 gr sawi putih, dicincang
1 sdm bawang putih, dicincang
1 sdm kucai
1 sdt garam
1 sdt gula
1 sdm minyak wijen
1 sdt arak merah (optional)
1/2 sdt lada
1/2 sdt vetsin
1 sdm sagu / maizena

Directions:
Cara membuat :
1. Kulit : aduk semua bahan menjadi satu sampai rata, diamkan 15 menit.
2. Isi : campur semua bahan menjadi satu.
3. Tipiskan kulit membentuk lembaran bulat.
4. Taruh adonan isi ke tengah lembaran kulit, bentuk menjadi bulan sabit.
5. Goreng kuotie yang telah diisi sampai bawahnya coklat.
6. Siram air panas, tutup, biarkan airnya habis.
7. Kuo Tie siap dihidangkan.

Udang Balado


Kali ini mau share resep disaat-saat aku n hubby masih "bebas" makan makanan yang "sembarangan" hehehehe

yang dibuat kali ini udang balado, tahu goreng tepung, dan sayur lodeh labu.. Hmmm ngebayanginnya enyaaakkk banget, suedep'e poolll tapiii setelah kemarin cek darah n aku dan hubby hasilnya jelek, langsung deh berenti makan makanan yang seperti ini.. hikkss kapan yaahh kira-kira aku masak kaya gini lagi.. soo yummyyyyy

Ini resep udang baladonya yah.. kalau sayur lodeh labu n tahu goreng tepung nya aku ga catet cuma pake ilmu kira-kira aja...

Enjoy!!


Udang Balado:
500gram udang sedang, buang kepala dan kulitnya (kalau mau pake kulitnya boleh, tapi aku dan hubby orang yang ogah repot hehehehe)
1buah jeruk nipis, peras, ambil airnya
5lembar daun jeruk robek-robek
1pak santan instan yang kecil
2buah cabai hijau, iris serong
200ml minyak

Bumbu Halus:
5butir bawang merah
7buah cabai merah
5cabai rawit merah
4siung bawang putih
1sdm garam
1sdt gula pasit
1sdt terasi

Cara membuat:
1. Lumuri udang dengan air jeruk nipis, sisihkan
2. Panaskan minyak lalu tumis bumbu halus dan daun jeruk sampai wangi, dan minyak mulai terpisah dari bumbu.
3. Masukkan udah, masak sampai udang matang, lalu masukkan santan, aduk-aduk sampai santan terserap ke udang. Dan menjadi agak sedikit kering.


Oyaa hampir lupa.. kalau aku, karena kemarin cuma punya udang ga sampe setengah kilo, akhirnya aku tambahin tahu putih yang dipotong dadu terus digoreng dulu, dimasukkannya berbarengan dengan udang, biar tahunya juga ngeresep bumbunya.

Rabu, 01 Juni 2011

Bolu Gulung Ketan Hitam

Setelah kemarin beralih niat, dari mau bikin bolu gulung jadi bikin klepon, sekarang aku benar-benar meniatkan hati dan diri untuk bikin si bolu gulung ini.. hahahahaha Rasanya kurang seru banget kalau bolu gulung isinya buttercream atau hanya selai blueberry, rasanya sudah biasaaaa banget...

Lihat-lihat meja makan dan kulkas ternyata aku masih ada selai nutella, hhhmmm kayanya asik nih diolesnya pakai selai nutella, trus aku lihat-lihat buku jadul ada beberapa resep bolu gulung, maksudnya mau bikin variasi isiannya, dan aku tertarik dari booklet keluaran saji, disitu ada bolu gulung yang tengahnya dikasih parutan keju,,, hhmmm layak dicoba nih...


Setalah bolu gulung jadi, aku agak dagdigdug juga.. kira-kira bisa ga yah gulungnya, soalnya pernah coba sekali waktu itu, pas gulungan pertama sukses, tapi pas dibua dan dikasih isian whippedcream, eehh malah jadi retak-retak.


Kali ini ga mau ambil resiko setelah aku angkat, langsung aku oles selai, beri parutan keju, langsung gulung, dan BERHASIL hehehehehe kali ini aku menggulungnya pakai serbet bersih, karena serbet kan berpori, jadi resiko kulit bolgul "ngelotok" menjadi kecil. Kalau aku perhatikan, bikin bolgul ini gampang-gampang susah, terlalu lama dioven bisa pecah, terlalu sebentar dioven, kulit bolgulnya bisa pecah...

Tapi kalau mau belajar dan mencoba pasti bisa kok ^^

Aku pakai resep Bunda Fatmah, yang sempet dishare di milis minggu lalu, monggo kalau mau coba..



Bolu Gulung Ketan Hitam
Penulis: Fatmah Bahalwan
Bahan A:
3 btr       telur  utuh
3 btr       kuning telur
100 gr    gula pasir
1 sdt      cake emulsifier

Bahan B:
75 gr      tepung terigu
50 gr      tepung ketan hitam

Bahan C:
50 gr      mentega, lelehkan
1 sdt      pasta cokelat

Bahan polesan : 50 gr butter cream, siap pakai.

Cara membuatnya:
1.       Kocok  bahan A hingga kental, masukkan bahan B aduk rata (atau kocok dengan kecepatan rendah. Tuangi bahan C, aduk balik hingga rata.
2.       Tuang adonan kedalam loyang 22x22x4cm hingga ¾ penuh, panggang dalam oven selama 25 menit atau sampai matang dengan permukaan kering.
3.       Angkat, dinginkan.
4.       Balik diatas kertas roti, poles dengan butter cream tpis dan rata. Segera gulung.

Senin, 30 Mei 2011

Nasi Goreng Hongkong dan Spicy Chicken

 

Jadi ceritanyaa kenapa aku iseng banget kemarin ini masak Nasi Goreng Hongkong, karena aku lagi kepengen banget makan spicy wing ala Bu Hesti (halloo buu!!) udah niat banget deh pokoknya, ngerendem ayam dibumbunya sudah dari malam sebelumnya.

Tapi waktu paginya aku mulai kebingungan, itu ayam enaknya dimakan pakai sayur pendampingnya apaan yah??? Secara kalau di Pizz* Hut kan makannya hanya sebagai pelengkap si Pizza nya aja... huyuuuuhhhhh bingung deh sepagian (beneran ga pake lebay), mau dimakan pakai apaaa yah tuh ayam.

Akhirnya aku ingat dulu pernah makan di Ch*wking Mal ciputra ada nasi goreng yang lauknya si spicy chicken ini. Langsung deh aku cek bahan-bahan, udang ada, jagung ada, wortel ada, bawang bombay ada!! Cihuuiiii!!!! Okelah kaloh begituh saya siap buat makan siang Nasi Goreng Hongkong+Spicy Chicken (soalnya aku ga pake wing hehehehe)

This is the recipe:


Nasi Goreng Hongkong
By: Me

Ingredients:
3 siung bawang putih, dicincang
1/2 butir bawang bombay
100 gram daging ayam, dipotong kotak 1 cm
150 gram udang kupas
2 batang daun bawang, diiris
2 butir telur, ditambahkan 1/4 sendok teh garam, lalu di orak-arik
1 kaleng jagusng manis (yang kecil aja kalengnya)
1 buah wortel potong dadu
450 gram nasi dingin
1 sendok teh kecap ikan
1 sendok makan angciu (boleh di skip)
1 sendok teh saos tiram
1 sendok teh kecap inggris lokal
merica
garam

Directions:
1.Tumis bawang putih dan cabai sampai harum. Masukkan daging ayam dan udang. Aduk sampai matang.  Masukkan wortel dan jagung  masak sampai wortel terlihat layu.
2. Masukkan daun bawang. Tambahkan telur.
3.Tambahkan nasi, aduk-aduk hingga rata.
4.Tambahkan kecap ikan, kecap inggris, saos tiram, merica bubuk, garam, dan angciu. Aduk sampai rata. Siap dihidangkan.

Dan ini resep untuk chicken wing nya yah.. karena aku sudah mengurangi makan ayam yang bagian sayap, jadi aku pakai satu ekor ayam utuh yang aku potong 16, dipotong agak kecil agar bumbunya meresap kedalam ayamnya.

Chicken Wing
resep by Hesti

Bahan
10 pc sayap ayam, potong jadi 2, buang bagian paling ujung (yang kecil) aku pakai satu ekor ayam dipotong 16
2 siung bawang putih, kupas, cincang halus
4 sdm kecap manis
1 sdm minyak wijen
4 sdm madu
1/2 sdm minyak ikan
2 sdm saos tomat
1 jeruk nipis, ambil airnya
1/2 sdt garam
1/4 sdt lada

Cara Membuat
- Cuci bersih ayam, tiriskan, keringkan dengan tisu makan, lumuri garam, sisihkan.
- Campur semua bumbu, aduk rata. Tuang ke ayam, ratakan. Tutup rapat ayam, diamkan semalaman di lemari pendingin.
- Keluarkan, panaskan oven 180 - 200 'C.
- Pindahkan ayam ke wadah tahan panas, oven selama 30 - 45 menit. 


KLEPON Ketan Hitam, Pandan atau Greentea?? ^^

Akhirnya kesampaian juga aku bikin snack yang satu ini,,, Rencananya udah lamaaaa banget mau bikin si Klepon ini, udah beli tepung ketan nya, udah beli tepung ketan itemnya, udah sedia gula merahnya.. tapi ya mbok males bener,,, hahahahahaha

Sampai suatu hari aku membulatkan tekad untuk bikin si klepon ini,, itu pun ingatnya karena Bu Fatmah share resep Bolu Gulung Ketan Hitam... Lah kok ga nyambung bener?? Iyaa karena ada yang share kue pakai tepung ketan hitam aku jadi ingat ada tepung ketan hitam yang tersia-siakan :D

Akhirnya aku minta bibi untuk kepasar beli 1butir kelapa, cuma minta diparut aja, ga minta diperes langsung.. yaa iyalah yaahh secara mau bikin klepon, kalo pake diperes mah bikin kolak,, hihihihihi

Hasil bertapa dari mbah Gugel, aku dapet resepnya Pak Hadi Tuwendi (thanx Pak!!) Klepon ketan hitam, yang adonannya pakai santan dan minyak goreng.. hhmmm layak dicoba nih... pasti jadinya gurih n kenyal.. Trus aku lihat-lihat stok dilemari masih ada greentea bubuk yang lagi-lagi belum sempat aku pakai ^,^'' yaa sud aku bikin kan klepon juga.

Karena ngeliat kelapa satu butir kok jadinya banyak banget, akhirnya yang setengah aku peres, setengahnya lagi aku kukus untuk baluran si Klepon, ga tanggung-tanggung akhirnya aku bikin tiga jenis klepon, klepon ketan hitam, klepon green tea dan klepon pandan.. hihihihi

Greentea Klepon
Hasilnyaa... sueerrrr enakkk bangettt kleponnya empyuuukkk, n kenyal, yang rasa ketan hitam wanginya khas banget.. yang greentea juga wangi dan rasanya sangaattt enyaakk,, yang pandan juga wanginya manteeebbbb ga kuciwa deh kali ini nyoba2 bikin klepon... Sampai ada sisa beberapa butir waktu malamnya dimakan sama kakak dan adik aku kleponnya masih empuk dan kenyal lhoohhh...

Klepon Ketan Hitam

BTW aku jadi inget salah satu episode Masterchef dimana Rahmi bikin klepon, aku jadi penasaran kalau tiga juri masterchef nyobain klepon aku bakal dibilang "best klepon ever" ga yah??? hahahahaha Becanda saudara-saudara...

Berikut resep kleponnya!! Enjoy De Klewy alias Klepon Chewy hahaha Jayuuusss


Bahan Kulit :
By: Hadi Tuwendi

50 gr Tepung ketan hitam
150 gr Tepung ketan putih
1 gr Garam
20 gr Minyak sayur
40 gr Santan murni Cocomas
40 gr Air
1/8 sdt Rexa vanilla bubuk

Bahan Isi :
150 gr Gula merah iris

Bahan Taburan :
Kelapa parut secukupnya (diberi sedikit garam, kukus 30 menit) kalau aku kukusnya aku pakai pandan 1lembar

Cara Membuat :
1. Bahan A diaduk sampai tercampur rata, uleni sampai licin, timbang @7 gr, isi dengan gula merah @4 gr, bulatkan.
2. Masukkan ke dalam air yang sudah mendidih, setelah mengambang angkat dan tiriskan. Gulingkan di
Kelapa parut
3. Taruh di dalam takir, siap dihidangkan.
Hasil = 50 buah

Untuk yang greentea dan pandan, tepung ketan hitamnya diganti semua dengan tepung ketan putih biasa, yang pandan diberi air pandan atau pasta pandan wangi, yang greentea diberi 1sdt bubuk greentea dan pasta greentea.

Mudahkan buatnya??!! Oya ada tips membuat klepon ini, hati-hati saat memulung adonan, usahakan permukaan tidak ada yang retak dan saat klepon mengambang dan air mendidih kecilkan api untuk mencegah si gula merah merembes keluar, dan gula merah lebih baik disisir haluss sekali agar sewaktu dimakan tidak ada butiran-butiran gula merah yang belum matang.

Salam Klepon!!
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...