Search this Blog

Senin, 30 Mei 2011

Nasi Goreng Hongkong dan Spicy Chicken

 

Jadi ceritanyaa kenapa aku iseng banget kemarin ini masak Nasi Goreng Hongkong, karena aku lagi kepengen banget makan spicy wing ala Bu Hesti (halloo buu!!) udah niat banget deh pokoknya, ngerendem ayam dibumbunya sudah dari malam sebelumnya.

Tapi waktu paginya aku mulai kebingungan, itu ayam enaknya dimakan pakai sayur pendampingnya apaan yah??? Secara kalau di Pizz* Hut kan makannya hanya sebagai pelengkap si Pizza nya aja... huyuuuuhhhhh bingung deh sepagian (beneran ga pake lebay), mau dimakan pakai apaaa yah tuh ayam.

Akhirnya aku ingat dulu pernah makan di Ch*wking Mal ciputra ada nasi goreng yang lauknya si spicy chicken ini. Langsung deh aku cek bahan-bahan, udang ada, jagung ada, wortel ada, bawang bombay ada!! Cihuuiiii!!!! Okelah kaloh begituh saya siap buat makan siang Nasi Goreng Hongkong+Spicy Chicken (soalnya aku ga pake wing hehehehe)

This is the recipe:


Nasi Goreng Hongkong
By: Me

Ingredients:
3 siung bawang putih, dicincang
1/2 butir bawang bombay
100 gram daging ayam, dipotong kotak 1 cm
150 gram udang kupas
2 batang daun bawang, diiris
2 butir telur, ditambahkan 1/4 sendok teh garam, lalu di orak-arik
1 kaleng jagusng manis (yang kecil aja kalengnya)
1 buah wortel potong dadu
450 gram nasi dingin
1 sendok teh kecap ikan
1 sendok makan angciu (boleh di skip)
1 sendok teh saos tiram
1 sendok teh kecap inggris lokal
merica
garam

Directions:
1.Tumis bawang putih dan cabai sampai harum. Masukkan daging ayam dan udang. Aduk sampai matang.  Masukkan wortel dan jagung  masak sampai wortel terlihat layu.
2. Masukkan daun bawang. Tambahkan telur.
3.Tambahkan nasi, aduk-aduk hingga rata.
4.Tambahkan kecap ikan, kecap inggris, saos tiram, merica bubuk, garam, dan angciu. Aduk sampai rata. Siap dihidangkan.

Dan ini resep untuk chicken wing nya yah.. karena aku sudah mengurangi makan ayam yang bagian sayap, jadi aku pakai satu ekor ayam utuh yang aku potong 16, dipotong agak kecil agar bumbunya meresap kedalam ayamnya.

Chicken Wing
resep by Hesti

Bahan
10 pc sayap ayam, potong jadi 2, buang bagian paling ujung (yang kecil) aku pakai satu ekor ayam dipotong 16
2 siung bawang putih, kupas, cincang halus
4 sdm kecap manis
1 sdm minyak wijen
4 sdm madu
1/2 sdm minyak ikan
2 sdm saos tomat
1 jeruk nipis, ambil airnya
1/2 sdt garam
1/4 sdt lada

Cara Membuat
- Cuci bersih ayam, tiriskan, keringkan dengan tisu makan, lumuri garam, sisihkan.
- Campur semua bumbu, aduk rata. Tuang ke ayam, ratakan. Tutup rapat ayam, diamkan semalaman di lemari pendingin.
- Keluarkan, panaskan oven 180 - 200 'C.
- Pindahkan ayam ke wadah tahan panas, oven selama 30 - 45 menit. 


0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Daisypath Anniversary tickers