Search this Blog

Sabtu, 14 Mei 2011

Durian Cake

 

Jangan bosan-bosan yah aku tulis tentang si buah berduri ini.. hehehehe aku lagi banyak banget stok durian di rumah, dari yang manis sampe yang kurang manis, dari yang mateng n sampe yang masi mentah,, masih karena tergiur beli buah durian murah yang langsung di paketin isi 6 satu dus, akhirnya sampe sekarang masih banyak tersisa... Mau dimakan langsung begitu aja kok rasanya udah bosen yah hehehehehe akhirnya minta saran sama temen-temen dimilis, musti diapain itu durian banyak begitu... Dan tak disangka tak diduga ternyata banyak juga yang mau di"lempar" buah durian ini hahahaha ati-ati kena yaaahhh sakit lhooohhh hihihihihi

Hari ini percobaan pertama m'buat cake durian, resepnya dapet dari ibu Rindu yang di adaptasi dari Mba Lia.. Thank you soo muchh yaaaa....

Pertama kali ngaduk durian dengan mentega yang sudah dicairkan dengan susu dan terigu kok aku langsung feeling "gagal" soalnya margarinnya susah banget menyatu dengan buah durian dan terigunya,,, tapi ternyata setelah dikocok bentar pakai mixer akhirnya bisa jadi adonan yang lembut juga.. langsung dibuang jauh-jauh deh kalau cake ini akan gagal.

Kata yang share resep akan lebih bagus kalau dikukus, atau kalau mau pakai steambake.. Entah kenapa, kok hari ini aku kayanya lagi musuhan sama kukusan,, kayanya ngebayangin kukusan langsung hilang mood untuk bikin kuenya (lebaayy) hehehe ya suuudd aku bikin di steambake aja.. Tapi karena aku pengen tahu, kaya apa sih bedanya disteambake dengan yang di panggang biasa akhirnya aku pakai loyang oval JCC untuk steambake-nya n untuk panggang biasanya aku pakai loyang lapsur (maksudnya biar manggangnya cepet dan kue tidak kehilangan moistnya)

Diberi Filling Strawbery Jam

Setelah adonan cake ini jadi aku colek sedikit untuk merasakan bagaimana rasanya,, kok seperti kurang yah rasa duriannya, akhirnya aku ambil durianlagi, aku lumat dan aku masukin ke adonannya, jadi aku pakai duriannya dua kali dari yang diresep, setelah durian sudah tercampur rata dengan cake baru aku panggang

Dan review aku bedanya dipanggang biasa dengan yang steambake... kalau yang di panggang biasa sepertinya rasa duriannya "hilang" jadinya sih tetap halus seperti lapsur cuma tidak terlalu berminyak seperti lapsur.. kalau yang steambake jadinya lembyuuuuttt dan rasa duriannya kerasaaaa banget.. Bagi yang suka durian, satu potong tak akan pernah cukup hehehehehe

Ini yang dipanggang biasa, terlihat kering tapi aslinya moist kok

Ini yang di Steambake keliatan ga lembut-nya?? :p

Untuk yang di baked biasa aku tumpuk dua (karena memang terlalu tipis) lalu ditengahnya aku kasi strawberry jam (makin hilanglah si durian) tapi gapapa, biar ada variasi huehehehehe *ngeles*

Berikut resepnya yah.. aku dapet dari Mbak Rindu yang diadaptasi dari dapur Lia.

Durian Cake:

Bahan:
125gr daging durian (aku pakai 2kali lipat)
1sdt vanilla essence
150gr tepung terigu
175gr gula pasir
300gr telur (kurleb 5butir)
1.5 cake emulsifier (aku pakai SP)
75ml fresh milk
75 margarin +60gr butter
20x20x5 bakingpan, oles margarin, lapisi kertas roti

Cara Membuat:
Panaskan susu, margarin dan butter dengan api kecil hingga leleh dan hampir mendidih, matikan api

Masukkan tepung terigu dan durian aduk higga halus (aku pakai mixer baru bisa halus)

Kocok telur dengan emulsifier, vanilla dan gula sampai kental dan pucat, sendokkan2 sendok kayu ke adonan durian, aduk dengan spatula hingga rata, tambahkan adonan telur secara bertahap hingga habis dan tercampur rata
Tuang ke loyang yang sudah disiapkan, masukkan kedalam kukusan yang sudah mendidih, atur api ke medium kukus 30 menit (kalau aku aku panggan diloyang pendek atau di steambake di loyang JCC.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Daisypath Anniversary tickers