Search this Blog

Sabtu, 14 Mei 2011

Ketan Bumbu Serundeng


Entah lagi ada badai apa.. kok aku kayanya kepengen makan ketan bumbu yah... Pernah beli di pasar deket rumah kurang sreg deh... Rasanya kurang manis, kurang asin, kuran gurih, kurang segala-gala dehhh hehehehehehe

Akhirnya diniatin bikin sendiri aja,, dengan meraba-raba resep serundeng yang belum pernah aku tahu sebelumnya.. Harusnya sih aku bertapa ke mbah gugel yah.. tapi aku males hehehehe akhirnya cuma berbekal ingetan dari mami yang sering bikin ketan serundeng, aku bikin,,, hasil akhirnya serundengnya agak kasar,,, bukan tekstur yang aku mau, akhirnya aku tumbuk sampai agak halus,,,, hhmmmm yummmyyyy akhirnya bisa makan ketan bumbu serundeng yang enak juga hihihihi

Ini Resepnya untuk yang mau coba yah

Bahan ketan:
1/2 kg ketan
250 cc santan kental
2 lbr daun pandan
1 batang sereh geprek
2lembar daun salam
garam
Cara membuat:
rendam ketan 4-5 jam, lalu tiriskan
kukus ketan sampai ½ matang, keluarkan dari dandang, angkat dan pindahkan dulu ke baskom lalu beri santan kental mendidih sambil diaduk rata lalu masukkan lagi ke kukusan sampai matang (± 1 jam)


Bahan Serundeng:
kelapa parut dari 1butir kelapa (jangan diperes yaahh)
1batang sereh geprek
3lembar daun jeruk


bumbu halus:
garam
2sdm gula jawa
asam jawa sedikit (ambil airnya)
2cm lengkuas parut
1sdm ketumbar
5butir bawang merah
3butir bawang putih
2buah cabe keriting

Cara Membuat:
campur kelapa dengan bumbu halus, daun jeruk dan sereh, lalu sangrai sampai kelapa berubah warna dan kering. Harus diaduk terus yah.. karena cepet banget gosongnya....Setelah matang ditumbuk sesuai selera masing-masing.

Selamat Menikmati.....

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Daisypath Anniversary tickers