Search this Blog

Senin, 30 Mei 2011

KLEPON Ketan Hitam, Pandan atau Greentea?? ^^

Akhirnya kesampaian juga aku bikin snack yang satu ini,,, Rencananya udah lamaaaa banget mau bikin si Klepon ini, udah beli tepung ketan nya, udah beli tepung ketan itemnya, udah sedia gula merahnya.. tapi ya mbok males bener,,, hahahahahaha

Sampai suatu hari aku membulatkan tekad untuk bikin si klepon ini,, itu pun ingatnya karena Bu Fatmah share resep Bolu Gulung Ketan Hitam... Lah kok ga nyambung bener?? Iyaa karena ada yang share kue pakai tepung ketan hitam aku jadi ingat ada tepung ketan hitam yang tersia-siakan :D

Akhirnya aku minta bibi untuk kepasar beli 1butir kelapa, cuma minta diparut aja, ga minta diperes langsung.. yaa iyalah yaahh secara mau bikin klepon, kalo pake diperes mah bikin kolak,, hihihihihi

Hasil bertapa dari mbah Gugel, aku dapet resepnya Pak Hadi Tuwendi (thanx Pak!!) Klepon ketan hitam, yang adonannya pakai santan dan minyak goreng.. hhmmm layak dicoba nih... pasti jadinya gurih n kenyal.. Trus aku lihat-lihat stok dilemari masih ada greentea bubuk yang lagi-lagi belum sempat aku pakai ^,^'' yaa sud aku bikin kan klepon juga.

Karena ngeliat kelapa satu butir kok jadinya banyak banget, akhirnya yang setengah aku peres, setengahnya lagi aku kukus untuk baluran si Klepon, ga tanggung-tanggung akhirnya aku bikin tiga jenis klepon, klepon ketan hitam, klepon green tea dan klepon pandan.. hihihihi

Greentea Klepon
Hasilnyaa... sueerrrr enakkk bangettt kleponnya empyuuukkk, n kenyal, yang rasa ketan hitam wanginya khas banget.. yang greentea juga wangi dan rasanya sangaattt enyaakk,, yang pandan juga wanginya manteeebbbb ga kuciwa deh kali ini nyoba2 bikin klepon... Sampai ada sisa beberapa butir waktu malamnya dimakan sama kakak dan adik aku kleponnya masih empuk dan kenyal lhoohhh...

Klepon Ketan Hitam

BTW aku jadi inget salah satu episode Masterchef dimana Rahmi bikin klepon, aku jadi penasaran kalau tiga juri masterchef nyobain klepon aku bakal dibilang "best klepon ever" ga yah??? hahahahaha Becanda saudara-saudara...

Berikut resep kleponnya!! Enjoy De Klewy alias Klepon Chewy hahaha Jayuuusss


Bahan Kulit :
By: Hadi Tuwendi

50 gr Tepung ketan hitam
150 gr Tepung ketan putih
1 gr Garam
20 gr Minyak sayur
40 gr Santan murni Cocomas
40 gr Air
1/8 sdt Rexa vanilla bubuk

Bahan Isi :
150 gr Gula merah iris

Bahan Taburan :
Kelapa parut secukupnya (diberi sedikit garam, kukus 30 menit) kalau aku kukusnya aku pakai pandan 1lembar

Cara Membuat :
1. Bahan A diaduk sampai tercampur rata, uleni sampai licin, timbang @7 gr, isi dengan gula merah @4 gr, bulatkan.
2. Masukkan ke dalam air yang sudah mendidih, setelah mengambang angkat dan tiriskan. Gulingkan di
Kelapa parut
3. Taruh di dalam takir, siap dihidangkan.
Hasil = 50 buah

Untuk yang greentea dan pandan, tepung ketan hitamnya diganti semua dengan tepung ketan putih biasa, yang pandan diberi air pandan atau pasta pandan wangi, yang greentea diberi 1sdt bubuk greentea dan pasta greentea.

Mudahkan buatnya??!! Oya ada tips membuat klepon ini, hati-hati saat memulung adonan, usahakan permukaan tidak ada yang retak dan saat klepon mengambang dan air mendidih kecilkan api untuk mencegah si gula merah merembes keluar, dan gula merah lebih baik disisir haluss sekali agar sewaktu dimakan tidak ada butiran-butiran gula merah yang belum matang.

Salam Klepon!!

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Daisypath Anniversary tickers