Search this Blog

Rabu, 27 April 2011

Bolu Kukus Mekar Pinky


Setelah ngos-ngosan ngerjain semua kerjaan yang seperti tiada berkesudahan *lebaayyy* akhirnya aku berhasil juga bikin si bolu yang "sensi" ini.. aku selalu bilang bolu ini bolu sensi.. Kenapa??? habisss kalau salah perlakuan dikiittt ajah nih bolu maunya cuma mesem-mesem aja, kalau ga mesem-mesem yaa bener-bener mingkem.... hadeeehhh...

Aku penasaran mau mempersembahkan (cieee) satu bolu kukus yang cantik buat event di milist yang aku ikuti. Sebetulnya uda pernah setor sih.. tapi hasilnya kurang memuaskan, mekar sih mekarrr tapiii ga "ngapas" aku suka bolu kukus yang kalau dimakan ngapas, maksudnya ringan kaya kapas dan ga bikin seret hohohohoho

Setelah dikejar-kejar batas tanggal event, akhirnya aku berhasil juga buat satu lagi yang cantik... Aku pakai resep standart punyanya Ibu Lisa Basuki (Thank you bu resepnya manjur) cuma cairannya aku pakai fanta, biar dapet warna pink-pink cakep gimanaa gituu.. hehehehehe


Batch pertama masukin kukusan aku sangat puaaaasssss sama hasilnya, akhirnya yang batch kedua baru deh aku pakein pasta pandan, biar ada sedikit variasi dan ga bosen..tapiii aku belum pinter nih bikin motif di bolkus ini... Warna hijaunya pun masih tenggelam didalam warna pinknya.... hhhhmmmmm tapiiii lepas dari itu semua aku suka banget makannya..bener-bener enak deh bolu ini, ga ngenyangin, ga seret, manisnya pass, dan cantikk lagi warnanya.. Gitu dong bolu kukusss tersenyumlah yang indah yah... biar ga aku panggil kamu si-bolu sensi lagiii.. hehehehehehe

Ini dia resepnya, di coba yaahhh ^^



BOLU KUKUS PECAH MEREKAH
By Lisa basuki
Bahan :

2 btr telur ( 100 gr )
250 gr gula kastor ( atau gula biasa yang diblender )
1 sdt ( 8 gr ) emulsifier / SP
250 gr tepung terigu Kunci Biru atau tepung rendah protein lainnya
50 gr maizena ( aku pakai susu bubuk ) 200 cc air biasa / air kelapa / susu / santan (aku pakai fanta)
1 sdt Essence Vanilla (aku ga pake)
2 sdm Pasta Pandan


Cara Membuatnya :


- Siapkan cetakan dan alasi dengan paper cup.

- Panaskan kukusan
- Kalau aku semua bahan aku campur jadi satu trus aku mixer 15menit, aku pakai hand mixer philips.

- Kukus selama 15-20 menit



Aku punya sedikit Tips dan Trick supaya si Bolu Kukus ini tertawa terbahak-bahak
- Telur dan SP yang digunakan HARUS dalam keadaan baik, cek expired si SP dan perhatikan apa SP sudah tidak berwarna bening.. kalau sudah tidak bening lagi mening beli baru deh SP-nya, daripada si Bolu Kukus ini ngambek
- Pengocokan harus sampai bahan-bahan putih mengkilat dan berat,salah satu tandanya adalah adonan TIDAK CAIR, kalau dimasukkan kedalam cetakan dia akan terlihat ada sedikit berjambul karena adonannya yang lembut tapi kokoh.
- Kukusan harus mempunyai uap yang BANYAK, aku pernah pakai kukusan kecil, hasilnya bukan mesem, tapi GUNDUL!! Akhirnya aku pakai kukusan besar dan tutupnya aku ikat pakai serbet bersih dua lapis (agar air ga metes di bolkus-nya). Pernah juga uap di kukusan belum banyak sudah aku masukkan ke kukusan, akhirnya bolu kukusku menciut dengan suksesnya.

- Kukusan JANGAN dibuka kalau belum waktunya, jangan sekali-sekali tangan dan mata gatel buat ngeliat si Bolu kukus apa dia mekar ato ga. Karena hasilnya PASTI kita ga akan melihat dia mekar.



Sepertinya cukup deh tips dan tricknya.. Kalau bolu kukusnya masih mesem juga, coba mandi kembang dulu hari Jumat biar ga terkena kutukan lagi,, hahahahha joke... Feel free to ask me if you have some troubles with this Bolu Sensi.

ENJOY!

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Daisypath Anniversary tickers