Search this Blog

Jumat, 08 April 2011

Bolu Kukus Ketan Hitam Ubi plus Kecelakaan

Aku sebetulnya sering gagal banget bikin bolkus mekrok ini, baru dua kali sama ini aku bikin mekrok, yang satunya ga beraturan.. huyuuuhhhh....

Ceritanya aku punya sisaan tepung ketan hitam dan ubi rebus, mulai deh isengnya daku, kepengen bikin kue bolkus dengan pakai dua bahan tersebut..(padahal bikin yang standart aja belum berhasil terus kekekekek)

Pake acara salah bahan lagi, mbak-ku aku suruh ubi diblender pakai susu cair malah diblender pakai whiping cream, jadilah itu ubi jadinya kaya ganache oles *tepokjidat* yaa wis laahh show must go on *pede*

Aku pake resepnya ibu Cit.. dengan tepungnya sebagian diganti dengan tepung ketan hitam (lagi-lagi sotoy)

Jadinya sih lumayan tapi bawahnya agak-agak padat, beda sama bolkus yang pernah aku bikin.. apa memang tekstrunya begitu?? Oya aku bikin satu pakai cetakan bolkus, yang satu pakai cetakan kue mangkok, yang pakai cetakan kue mangkok ga mekar tuuuhhh, cuma mesem dikiiittt aja.

Sekian laporannya ya ibu peri... saya lagi mikir lagi nih mau bikin bolkus gulmer, dengan mengumpulkan semua angan dan impian dulu... halaaaaahhh ngaco



Bolu Kukus Ubi Ungu Ala Bu Citra
Modified by me
Bahan A:


100 gram ubi ungu kukus, haluskan (evi: ubi kuning)
200 ml Whipped Cream (Dont try this at home)
Bahan B: 
2 butir telur
1/2 sdm emulsifier
250 gram gula pasir
130 gram tepung terigu
100gram tapung ketan hitam
25 gram susu bubuk

 Bahan Tambahan:
¼ sdt pewarna ungu (aku ga pake)

Cara membuat:
1. Blender ubi ungu dan air sampai lembut, sisihkan.
2. Kocok telur , gula dan emulsifier sampai kental tambahkan vanilla pasta.
3. Tambahkan tepung terigu dan susu bubuk, aduk rata. Tuang campuran ubi ungu sedikit - sedikit sambil diaduk rata.
4. Tuang adonan ke dalam cetakan bolu kukus yang dialas kertas kue
5. Kukus dengan api besar selama 10 menit

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Daisypath Anniversary tickers