Search this Blog

Senin, 23 Mei 2011

Zuppa Soup

 

Sebenernya udah lama banget pengen bikin zuppa soup ini, tapi karena males keluar untuk beli si puff pastry nya akhirnya ke-pending teruuusss sampe akhirnya kemarin ini aku niatin sama hubby ke ingredients yang di muara karang, sekalian beli perlengkapan yang lain.

Kalau pada bingung kaya gimana puff pastry yang sudah tinggal pakai ini aku lampirkan gambarnya yah.. Puff pastry ini sangat membantu untuk aku yang sangat pemalas ini hihihihihi tinggal potong-potong sesuai keinginan, kasih olesan telur, panasin oven, panggang deh.. Satu hal yang harus diingat, puff pastry harus dimasukkan dalam keadaan oven yang sudah panas, kalau ga nanti si "puff" ini ngambek ga mau ngembang,,,


Kemarin aku bikin dua mangkok pakai mangkok stainless dan sisanya aku panggang pakai mangkok untuk souffle hehehehehehe abis aku nyari mangkuk khusus zuppa soup lum ketemu nih.. yang di mangkok stailess lebih pass, karena soupnya jadi bisa muat agak banyak, takarannya pas banget untuk dimakan pakai puff yang diatasnya, kalau yang pakai mangkok souffle, karena terlalu kecil mangkoknya jadinya seperti kurang "kuah" dimakannya hehehehehehe






Kemarin itu aku malas ngukur-ngukur, jadi itu puff aku potong aja sekira-kiranya sudah cukup untuk menutupi mangkuk, ternyata oh ternyata yang satu kurang menutupi mangkok jadinya sewaktu mentahnya agak "blesek" kedalem, untung saja si puffnya ga ngambek, walaupun penampakannya jelek, tapi puffnya masih tetep ngembang hihihihi


Oya biasanya untuk zuppa soup ini aku pakai krim kental yang khusus cooking, kemarin karena nyari di carefour lagi ga ada, ya sudah aku pakai susu UHT aja... Menurut aku sih sama aja yah hasilnya, tapi kalau menurut hubby yang lidahnya sangat peka, bilang kalau yang ini kurang manteb rasa creamnya... hehehehehehe

 

Oya untuk yang sibuk bisa bikin soupnya sore hari, terus disimpan dulu di tupperware, besok pagi tinggal potong-potong pastrynya trus oven deh... Praktis dan enyaaaakkkkkkk

Zuppa Soup
by: Rina Rinso


Bahan :
2 siung bawang putih, cincang halus
1 buang bawang bombay, iris kasar.
1 kaleng jamur, potong
Dada ayam fillet (sesuai selera kalau aku lebih suka dada)
2 buah jagung manis
3 sdm terpung terigu
Susu cair (misalnya susu Ultra yg plain)
Kaldu
garam, merica dan sedikit gula.
Margarin dan minyak untuk menumis

Cara membuat :

1. Masukkan 1 sdm margarin dan 1 sdm minyak goreng ke dalam penggorengan, panaskan. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum.

2. Setelah harum masukkan potongan ayam, aduk rata hingga ayam berubah warna.

3. Setelah ayam berubah warna masukkan jamur dan jagung. (aku masaknya agak lama soalnya jagungnya ga pake di rebus dulu hehehehe, maonya yang praktis aja)

4. Kemudian masukkan tepung terigu, aduk sampai rata dan matang. Tandanya sudah tidak ada lagi bentuk terigu (warna putih) di penggorengan.

5. Masukkan susu sedikit demi sedikit supaya tidak bergerindil. Jumlah cairan (susu dan kaldu) di sesuaikan dengan selera. Karena tujuanku supaya anak-anak kenyang makan dan bukan minum cairan sup, jadi aku buat krim sup-nya kental dan cenderung tidak berkuah. Tapi kalau membuat krim sup untuk di cocol dengan roti aku pilih krim sup yang berkuah banyak.

6. Setelah semuanya matang tambahkan garam, merica, dan sedikit gula. Apabila mau bisa ditambahkan penyedap rasa. Sup nya sudah siap. Sekarang tinggal di susun dengan puff pastry.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Daisypath Anniversary tickers