Search this Blog

Selasa, 10 Mei 2011

Our Lunch!! Ayam Masak Kecap dan kawan-kawannya ^^

Kalau sudah jadi ibu rumah tangga, setiap pagi yang selalu ada didalam kepala adalah pertanyaan "Hari ini makan apa yah??" hahahahaha pasti semua pernah mengalaminya, begitu juga aku, sebelum aku menikah, aku lebih suka membuat kue daripada memasak, secara kalau memasak mami paling jago, apa juga bisa dibikin makanan enak, dan mami kurang suka bikin kue, akhirnya yaa untuk area "perkuehan" aku yang mengambil alih hehehehe tapi sekarang sudah menikah dan hidup terpisah dari rumah aku jadi harus membuat masakan sendiri, kalau mau suruh bibi sepertinya kurang sreg makannya hehehehehe



Kemarin ada sisa ayam setengah ekor, bingung mau masak apa, sayuran yang ada dikulkas sayur sop dan tempe, rasanya kalau bikin sop ayam plus sambel goreng tempe boseeeennnn, akhirnya ayamnya aku pisahkan dari sayur sopnya, aku bikinkan ayam masak kecap ala daku hehehehe , sebelumnya ayamnya aku presto, biar empuk, lalu dimasak lagi sebentar biar bumbunya tambah mantep, makannya pakai sambel goreng tempe dan sayur sop "bohongan" (tanpa daging hanya isi sayuran saja) sebagai kuah dan sayurnya....jadinya hhhmmmmm setengah ekor habis sama hubby,, aku cuma disisain satu potong hihihihi gapapa deehhhh puas banget rasanya kalau masakan aku disukain sama hubby ^,^ Lumayan kan,, yang harusnya hanya jadi 2macam masakan bisa jadi 3 macam masakan hehehehehe


Ayam Masak Kecap

Bahan A:
1/2 ekor ayam
1 batang sereh geprek
1cm lengkuas geprek
2lembar daun salam
3lembar daun jeruk
2sdm air asam jawa
1liter air
kecap manis

Bumbu halus:
3butir bawang putih
3butir bawang merah
1sdt ketumbar
2sdm gula merah
garam
merica

Bahan B:
5sdm Kecap manis
1cm lengkuas geprek
2lembar daun salam
5buah cabai merah buang bijinya lalu iris tipis
3buah bawang merah, rajang halus
3buah bawang putih, cincang halus
1buah jeruk purut

Cara membuat:
1. Tumis bumbu halus hingga harum, angkat.
2. Taruh didalam panci presto Bahan A dan bumbu halus yang telah ditumis hingga harum, masak selama 45menit dari suara panci berdesis
3. Tumis bahan B (kecuali kecap dan jeruk purut) setelah harum masukkan ayam yang sudah dipresto dan kecap manis, masak sampai kecap meresap kedalam ayam. Setelah matang beri perasan jeruk purut dan bawang goreng, Siap dihidangkan.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Daisypath Anniversary tickers