Search this Blog

Senin, 23 Mei 2011

Gombyang or Grombyang??!

Masakan ini diinspirasi dari salah satu makanan kesukaan ku kalau pulang ke kampung halaman hubby di Tegal, Gombyang Pak Toli, adanya di pokanjari, cuma jualan kalau sore sampai malam, agak serem juga sih kalau makan gombyang ini,, sudah ber"kelapa", isinya jeroan semua lagi... tapi gimana yah.. yang ga sehat yang enak kan?? hahahahahaha

Karena lagi mentok bingung mau masak apa akhirnya aku bertapa di mbah google, n dapet resep gombyang, setelah di terawang dan dilihat-lihat kok seertinya hampir sama seperti Gombyang Pak Toli, akhirnya langsung suruh bibi kepasar beli kelapa, kluwek, daging sapi dan bumbu-bumbu pendukung.

Karena kepikir makannya bisa pake acara tarik-tarikan (dagingnya ga empuk maksudnya) akhirnya aku putuskan untuk pakai si "blotong" (panci presto maksudnya) hihihihihi bibi aku yang dirumah kalau bilang panci ini bilangnya "blotong" mirip katanya bentuknya... ada-ada ajaaaa.


Setelah satu jam dipresto bersama bumbu-bumbu aku angkat dan aku pindahin lagi dagingnya kepanci biasa untuk dimasak lagi,, biar meresap maksudnya, setelah sekiranya sudah menyusut air kuahnya, aku cicip sedikit, cek keempukan daging, semua sudah oke, dan ternyata rasanya Hampiiiirrrrrrrrr mirip seperti Pak Toli hihihihihi senangnya hatikuuuu, dimakannya pakai tahu goreng tepung n nasi anget-anget,, hhmmm syedeeeepppppp

Berikut resepnya.. untuk yang punya resep maap yahhh aku lupa dari mana ambilnya.. aku ijin untuk tulis yaahhh


Gombyang ala Pak Toli

Bahan:
500 gr daging sandung lamur, potong kotak
50gr Kelapa setengah tua, kupas dan parut kasar
3sdm tauco
3batang serai memarkan
1500ml air
5sdm bawang goreng

Bumbu Halus:
6buah bawang merah
3siung bawang putih
4buah kluwek, ambil dagingnya
2sdt garam
3sdt gula merah

Cara membuat:
Sangrai kelapa parut hingga kecoklatan, sisihkan

Rebus daging, tauco, daun salam, serai, kelapa sangrai dan bumbu halus

Masak hingga bumbu meresap dan daging lunak

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Daisypath Anniversary tickers