Search this Blog

Selasa, 10 Mei 2011

Martabak Manis Pandan isi DURIANNN!!

 

Jadi ceritanya panjang banget nih kenapa aku bisa bikin martabak manis ini.. hihihihi Pertama-tama dimulai dari mama tegal yang minta tolong dibeliin buah untuk dibawa ketegal, mintanya buah naga merah, pear korea n apel fuji, meluncurlah aku sama hubby dan cici ipar aku ke agen buah yang ada didekat rumah, setelah pesenan sudah dibeli, aku lihat kok ada durian yah ber dus-dus, iseng-iseng aku tanya sama yang jual, "Ini durian apa yah pak?" yang jual jawab "Ooo itu durian malaysia neng.. mahalll, satu dusnya 450rbu isi 6 durian"... Gleekkk buanyak amat yah isinya kalau isi 3 aja aku mau deh.. Tidak lama si abang yang jual bilang lagi, "itu ada durian bangkok neng, murah, cuma 280rbu isi 6" Waaahhhhh seneng banget nih aku langsung bialng" Coba liat bang duren bangkoknya" pas dilihat kok menggiurkan banget yah,,besar-besar banget duriannya, aku sama hubby langsung itung-itung... kalau 6durian 280ribu berarti satu durian ga sampe 50rbu... Waaahhhhhh tambah berbinar-binar mata aku.. Secara kalo beli di dept store mahal banget tuh... Uda ga mikir lagi isinya sampe 6buah, langsung aja aku sama hubby beli, akhirnya yang 3buah dibawa ke tegal buat dibagi-bagi, yang 3buah buat aku dirumah yang akhirnya 2buahnya aku hibahkan kerumah papi.. Secara aku cuma tinggal berdua ama hubby, kalo diabisin sendiri bisa mimisan... hahahahaha

Keesokan harinya aku kerumah papi, memang sudah rencana mau makan-makan karena papi ulang tahun, terus iseng-iseng hubby ngeliat durian 2buah yang dibawa.. "Waahh udah mateng nih,, udah meletak!!" Kata hubby, langsung deh ga pake piso or golok or samurai lagi, langsung bisa langsung di belah,,, pas dimakan hhhmmmmmmm nikmeeeehhhhhhh, buahnya wangi susu dan bijinya keciiiiilllll... Karena itu satu buah aja isinya banyak banget, sebagian aku taruh tupperware buat dimakan lain kali,,,


Pas kebetulan dihari yang sama temen milis ada yang share resep martabak tanpa ragi, akhirnya yang udah dimasukkin tupperware aku ambil lagi 2butir buat aku bawa pulang, soalnya ada yang dirumah masih belum mateng,,, hehehehehehe Keesokannya hubby mau berangkat sore, aku mulai bikin adonan si martabak dari siang, karena kan harus didiamkan 30menit, tadinya bikin martabaknya rasa polos, terus ngelirik pantry ga sengaja ngeliat ada pasta pandan, enak juga nih kayanya kalo martabaknya ada wangi-wangi pandannya,,, akhirnya terciptalah hasil keisengan,, tapii hubby ga suka durian kalau sudah diolah, sukanya cuma dimakan yag murni masih ada bijinya... hhmmmm yaa suuuddd yang aku bikin diloyang martabak aku isi coklat keju, dan yang dicetakan kue lumpur aku kasi topping durian yang sudah dicampur sama keju parut n susu kental manis... Hasilnya Mantaaappppp..



Aku share resep martabak yang tanpa ragi yah... Aku bikinnya agak gosong, padahal apinya sudah kecil, ternyata oh ternyata wajan martabak itu memang harus dipanaskan tapi tidak boleh sampai berasap, kalau kemarin aku udah bukan berasap lagi, sampai hampir kebakaran tuh kayanya kalo telat sedikit lagi hahahahaha *lebaaayyy* tapi tetep enak dan empuk kok jadinya...


Martabak Manis Pandan

Bahan:
250gr tepung terigu
50gr gula pasir
1/2sdt Baking Powder
1/4sdt Garam
400ml Susu Cair
6 Kuning telur kocok lepas
1/2sdt soda kue, larutkan dalam 4sdm air

Olesan taburan:
150gr margarin
3sdm Gula pasir
3sdm Coklat beras
3sdm kacang tanah, sangrai, cincang halus
75gr keju cheddar parut
Susu Kental manis

Cara membuat:
1. Campur terigu, gula, baking powder, garam aduk rata, Buat lubang ditengah, tuangi susu sedikit demi sedikit sambil masukkan kuning telur, aduk rata. Diamkan selama 30menit (minimal), kemudian campurkan larutan sida kue, aduk rata
2. Panaskan wajan martabak diameter 24cm diatas api, semir dengan sedikit mentega, tuang setengah bagian adonan.
3. Kecilkan api, tutup wajan, masak hingga semua permukaan adonan berpori, buka tutupnya, taburi gula dan tutup kembali wajan, masak hingga matang dan sisinya mengering, angkat.
4. Taruh martabak diatas talenan, olesi permukaannya dengan margarin, tuang susu kental manis diatasnya, potong-potong dan sajikan.

Untuk isian durian aku pakai ilmu kira-kira, durian dipisahkan dengan bijinya lalu dilumat, lalu aku parutkan keju, beri sedikit susu kental manis, kenapa aku pakaikan keju parut, karena menurut aku kurang gurih kalau hanya durian dan susu kental manis saja, seperti kurang mantap kalau dimakan, jadi aku kasih parutan keju hehehehe

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Daisypath Anniversary tickers