Search this Blog

Rabu, 01 Juni 2011

Bolu Gulung Ketan Hitam

Setelah kemarin beralih niat, dari mau bikin bolu gulung jadi bikin klepon, sekarang aku benar-benar meniatkan hati dan diri untuk bikin si bolu gulung ini.. hahahahaha Rasanya kurang seru banget kalau bolu gulung isinya buttercream atau hanya selai blueberry, rasanya sudah biasaaaa banget...

Lihat-lihat meja makan dan kulkas ternyata aku masih ada selai nutella, hhhmmm kayanya asik nih diolesnya pakai selai nutella, trus aku lihat-lihat buku jadul ada beberapa resep bolu gulung, maksudnya mau bikin variasi isiannya, dan aku tertarik dari booklet keluaran saji, disitu ada bolu gulung yang tengahnya dikasih parutan keju,,, hhmmm layak dicoba nih...


Setalah bolu gulung jadi, aku agak dagdigdug juga.. kira-kira bisa ga yah gulungnya, soalnya pernah coba sekali waktu itu, pas gulungan pertama sukses, tapi pas dibua dan dikasih isian whippedcream, eehh malah jadi retak-retak.


Kali ini ga mau ambil resiko setelah aku angkat, langsung aku oles selai, beri parutan keju, langsung gulung, dan BERHASIL hehehehehe kali ini aku menggulungnya pakai serbet bersih, karena serbet kan berpori, jadi resiko kulit bolgul "ngelotok" menjadi kecil. Kalau aku perhatikan, bikin bolgul ini gampang-gampang susah, terlalu lama dioven bisa pecah, terlalu sebentar dioven, kulit bolgulnya bisa pecah...

Tapi kalau mau belajar dan mencoba pasti bisa kok ^^

Aku pakai resep Bunda Fatmah, yang sempet dishare di milis minggu lalu, monggo kalau mau coba..



Bolu Gulung Ketan Hitam
Penulis: Fatmah Bahalwan
Bahan A:
3 btr       telur  utuh
3 btr       kuning telur
100 gr    gula pasir
1 sdt      cake emulsifier

Bahan B:
75 gr      tepung terigu
50 gr      tepung ketan hitam

Bahan C:
50 gr      mentega, lelehkan
1 sdt      pasta cokelat

Bahan polesan : 50 gr butter cream, siap pakai.

Cara membuatnya:
1.       Kocok  bahan A hingga kental, masukkan bahan B aduk rata (atau kocok dengan kecepatan rendah. Tuangi bahan C, aduk balik hingga rata.
2.       Tuang adonan kedalam loyang 22x22x4cm hingga ¾ penuh, panggang dalam oven selama 25 menit atau sampai matang dengan permukaan kering.
3.       Angkat, dinginkan.
4.       Balik diatas kertas roti, poles dengan butter cream tpis dan rata. Segera gulung.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Daisypath Anniversary tickers