Search this Blog

Senin, 20 Juni 2011

Honolulu Cake.. Cake Pudding

Cooking and Baking is an art hahahaha itu kalau kata aku,, kemarin ini aku ngileerr banget mau bikin cake yang dilapis pudding, udah kebayang segernya itu cake,, tapi karena susu cair yang ada dirumah ga cukup untuk bikin puddingnya akhirnya aku pakai whippedcream, akrena udah melenceng dari pakem, sekalian aja aku ganti ager-agernya pakai nutrijell hahahahaha

Resep aslinya pakai loyang bulat besar yang bongkar pasang, kemarin iseng aku lagi timbul,, ngelit ada cetakan cake kecil pada nganggur langsung aku ambil untuk aku pakai,,,, Putar otak gimana supaya haslnya bagus,,, aku akhirnya pilih resep sponge yang punya "kans" untuk mengkerut lebih banyak,, akhirnya jatuh pada spongecakenya om yongki,, sepanjang manggang mulut komat-kamit, sibuk mikir, kalau kuenya jadinya ga mengkerut enaknya dibikin kaya gimana yah..??? Tapi lagi-lagi keberuntungan pemula selalu berpihak sama aku, pas jadi cakenya mengkerut, jadi masih ada sisa tempat untuk aku taruh si pudding nya.

Sponge yang belum di"baju"in

Kalau disuruh tulis resepnya aku bingung nih.. aku lampirin resep sponge cake om yongki aja yah,, untuk puddingnya aku pakai resep yang ada dibelakang nutrijell nya hohohoho

Sponge Cake Om Yongki

Bahan A:

10 butir Kuning telor
5 butir Putih telor
10 gram Emulsifier
150 gram Gula kastor
100 gram Tepung terigu protein sedang (Kunci Biru)
1 sdm Susu bubuk
1 sdm Tepung maizena

Bahan B:

50 gram Hollman butter
50 gram Room butter
50 gram Margarin
1 sdm Susu kental manis
Pasta (mocca, pandan dll sesuai selera)

Cara Membuat:

1) Kocok telur & gula hingg agak kental, masukkan emulsifier. Kocok hingga kental & mengembang.
2) Masukkan tepung terigu, susu bubuk, maizena dengan cara diayak. Aduk balik dengan spatula.
3) Cairkan butter & margarin (jangan sampai mendidih supaya tidak daya ikatnya tidak rusak), angkat dari api, tambahkan susu kental manis, aduk.
4) Tuang adonan B ke dalam adonan A, aduk balik.
5) Bagi menjadi 2 atau 3 adonan (sesuai jumlah layer / lapis cake yang diinginkan). Tambahkan pasta sesuai selera.
6) Tuang ke dalam loyang ukuran 22 tinggi 3-4 cm (loyang pendek).
7) Panggang selama 18-20 menit di suhu 175 °C hingga bagian atasnya kuning matang dan adonan tidak basah lagi (gunakan tes tusuk gigi).

Kalau udah jadi cakenya, baru dibikin puddingnya, tunggu sampai cairan puddingnya hilang uap panasnya, taruh sedikit dicetakan, lalu taruh sedikit didasar cetakan, lalu taruh spongecakenya, lalu diberi adonan pudding lagi sampai penuh dan spongecake nya tidak terlihat. Ribet?? Dicoba bikin aja dulu yaahhh karena bikinnya ga seribet yang digambarkan hahahahaha

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Daisypath Anniversary tickers