Search this Blog

Rabu, 16 Maret 2011

Takoyaki

Aku suka banget sama cemilan yang satu ini, kalo di mall lagi bingung mau makan apa pasti mampirnya ke kios takoyaki... Selain takoyaki aku juga suka okonomiyaki (tapi yang ini lum pernah coba bikin nih) hehehehehe Kata temenku yang orang Jepang, bikin takoyaki itu "mudah" weiiizzzz jadi pengen dee... hehehehe

Back to topic... Kebetulan kemarin pas aku ultah hubby beliin aku bermacam-macam peralatan masak hahahaha dari panci presto sampai si cetakan takoyaki ini, akhirnyaa aku bisa bikin takoyaki sendiri. Karena aku bikinnya dadakan, jadi pakai bahan-bahan yang seadanya saja yang ada dirumah. Tako-nya aku ganti crabstik n keju cheddar dadu, tanpa nori dan katsuoboshi, tapi mang dasar aku pemakan segala, aku bilang sih kaya gini juga udah enyaaakkkk

Resep ini aku ambil dari dapur Mba Farida (Arcawinangun Kitchen). Makasi mbak!! Oh ya... untuk bikin supaya bulatnya bagus, walaupun kebanyakan cetakan takoyaki itu dari teflon, pastikan cetakan dioles minyak sedikit, supaya baliknya gampang n jadinya cantik.



Bahan :
300 gr tepung tako (aku pakai tepung terigu + baking powder)
2 butir telur
700 ml air
100 gr sayuran (aku pakai kol)
150 gr tako (aku ganti pakai crabstik n keju cheddar potong dadu)
tenkatsu (aku ga ngerti ini apa jadi aku skip)


Taburan:
nori biru
katsuoboshi (toping-nya; berbentuk parutan skipjack tuna)
daun bawang diiris kecil


Saus:
saus tako
mayonaise


Cara:
1. Campur semua bahan kecuali tako dan tenkatsu, aduk sampai licin.
2. Panaskan cetakan, olesi minyak, tuang adonan, taburi tako. Sesudah berkulit taburi tenkatsu dan balik -balik sampai membentuk bola dan matang. Lakukan sampai adonan habis
3. Penyajian: Tata tako, oles saos tako, taburi nori, beri mayonaise, taburi katsuoboshi dan daun bawang.
Nikmati hangat-hangat.



Cobain deh bikin sendiri, bikin setengah resep aja dulu, enaaaaakkkkkkkkk ^^

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Daisypath Anniversary tickers